Rabu, 27 Agustus 2014

Mengenal Pick Tool CorelDraw

Tool pertama adalah Pick Tool. Pick Tool digunakan untuk menyeleksi (memilih atau mengaktifkan), memindah, dan mentransformasi (mengubah bentuk) obyek. Tool ini ada dua macam, yaitu Pick Tool dan Freehand Pick Tool.

Proses seleksi dengan tool ini ada tiga macam, yaitu seleksi satu obyek, seleksi lebih dari satu obyek secara tidak bersamaan, dan seleksi lebih dari satu obyek secara bersamaan. Cara seleksi satu obyek hanya dengan mengklik obyek itu. Cara seleksi lebih dari satu obyek secara tidak bersama dilakukan dengan mengklik salah satu obyek yang akan dipilih dulu, kemudian tekan tombol shift di keyboard sambil mengklik obyek lainnya.
Dalam seleksi yang ketiga, yaitu seleksi lebih dari satu obyek secara bersamaan, terdapat perbedaan dalam penggunaan antara pick tool dengan freehand pick tool. Jika yang digunakan adalah pick tool, maka klik dan tahan mouse lalu geser ke area yang ada obyek yang akan dipilih. Lihat contoh di bawah.

Di situ ada empat obyek, dua kotak dan dua lingkaran. Ketika melakukan drag mouse (klik dan tahan), akan ada garis-garis putus membentuk kotak. Obyek yang akan terseleksi adalah yang ada di dalamnya.
Jika yang digunakan adalah Freehand Pick Tool, klik dan tahan mouse, lalu gerakkan mengelilingi obyek yang akan dipilih. Maka akan ada garis-garis putus, tetapi mengikuti arah mouse tadi, tidak berbentuk kotak. Obyek yang akan terseleksi adalah yang ada di dalamnya. Tanda obyek yang aktif atau terpilih adalah berada dalam area delapan kotak hitam kecil. Lihat contohnya.



Kemudian untuk memindah obyek, seleksi/aktifkan obyek, klik obyek tersebut dan tahan, lalu geserkan. Untuk merotate/memutar obyek, aktifkan obyek, lalu klik sekali lagi sampai kotak hitamnya jadi seperti ini:
Lalu klik salah satu panah bengkok yang di pojok-pojok, tahan, dan geser. Maka obyek akan berputar.
Jika yang digeser adalah panah yang lurus yang vertical dan horizontal, maka obyek akan mengalami skew atau condong.
 Itu yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates